Last updated on Maret 21st, 2023 at 01:16 am

Cara Merawat Anakan Ikan Cupang Umur 1 Minggu – Perawatan ikan cupang memang memerlukan strategi dan tahap ekstra. Ini berfungsi agar anakan dapat  mengalami masa pertumbuhan secara ideal. Sebagai pemula, Anda harus mengetahui cara merawat anakan ikan cupang umur 1 minggu atau bahkan dari awal supaya lebih paham nantinya.

Cara Merawat Anakan Ikan Cupang Umur 1 Minggu

ikan cupang umur 1 minggu

Cara merawat anakan ikan cupang secara tepat memang membutuhkan kesabaran serta pengetahuan yang memadai. Tujuannya adalah agar kegiatan pemeliharaan bisa berjalan sesuai keinginan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

  1. Menyiapkan Kolam Pembesaran

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan kolam pembesaran. Pastikan ukuran tempat pembesaran ini luas agar nanti populasi anakan ikan dapat teratasi dan tidak berdesak-desakan untuk menghindari kematian pada anakan ikan cupang.

Pastikan akuarium atau wadah anakan ikan terhindar dari serangan hewan lain yang dapat membahayakan kondisi anakan ikan. Anda bisa menutup bagian atas wadah menggunakan kain, triplek, atau penutup lainnya. Tujuan dari penutup tersebut agar suhu di dalam air tetap stabil.

  1. Merawat Anakan Ikan Cupang Setelah Melalui Masa Penetasan

Cara selanjutnya tahap perawatan. Saat sudah memasuki umur 3 hingga 5 hari dan berubah menjadi burayak. Anda harus lebih memperhatikan kondisi kolam ikan, berkaitan dengan iklim, suhu, serta kualitas pada air. Sebelum itu, pastikan untuk melakukan pemindahan burayak dari indukannya.

Ini bertujuan agar anakan ikan tidak dimakan oleh induknya sendiri. Lakukan pemantauan secara terus menerus untuk melihat kelincahan ikan cupang saat berenang. Anda bisa memberikan pakan sesuai dengan umur dari anakan ikan cupang dengan porsi sesuai.

  1. Perawatan agar Cepat Besar

Ada beberapa cara dalam merawat anakan ikan cupang agar cepat besar. Anda bisa menambahkan tanaman eceng gondok, teratai, atau lainnya sesuai keinginan. Pastikan air kolam sudah diisi air rendaman daun ketapang yang didiamkan selama 1 minggu atau lebih.

Air endapan daun ketapang ini sangat baik dan berperan sebagai antibiotik untuk mempercepat penyembuhan luka ikan cupang. Apalagi bagi anakan ikan cupang, air rendaman ini membantu agar ikan bertahan hidup. Selain itu, tumbuhan lumut juga penting supaya plankton dari lumut bisa menjadi pakan.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang Umur 2 Bulan

  1. Memperhatikan Kualitas Air

Cara merawat anakan ikan cupang selanjutnya yakni dengan memperhatikan kualitas airnya. Penggantian air ini harus dilakukan secara berkala untuk menghindari kotoran menyerang ikan cupang. Air kolam ini bisa diganti selama seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mengganti keseluruhan air di dalam kolam. Ganti setengahnya saja dari seluruh volume air kolam sebelumnya. Tujuannya adalah agar suhu di dalam air tidak berubah secara drastis yang bisa membahayakan ikan cupang.

  1. Pemberian Pakan

Pakan ikan cupang yang berumur 3 – 5 hari harus khusus. Pakannya berupa kuning telur yang sudah direbus. Kemudian, hancurkan kuning telur tersebut menggunakan air. Setelah itu, meneteskannya pada kolam. Gunakanlah alat bantu seperti cotton bud agar intensitasnya tidak terlalu banyak.

Teteskan secukupnya supaya kondisi air tidak berubah kotor. Jangan meneteskan pakan di satu tempat saja agar tidak terjadi desak-desakan. Selain itu, cara ini juga berguna agar semua ikan cupang bisa mendapatkan pasokan makanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Menjaga Suhu Air

Memperhatikan suhu air pada kolam atau wadah pembiakan dan perawatan anakan ikan cupang juga sangat diperlukan. Anda bisa menambahkan eceng gondok agar suhu air di dalam wadah tetap stabil. Bukan hanya itu, tanaman ini juga membantu sebagai tempat bersembunyi juga berenang anakan ikan.

Apalagi jika Anda meletakkan anakan ikan cupang dalam akuarium yang cukup besar. Peran eceng gondok dalam hal ini sangatlah penting karena bisa dijadikan sebagai tempat berteduh atau sekadar berenang, sehingga ikan cupang tidak cepat jenuh selama di dalam wadah.

Cara Membuat Pakan Ikan Cupang

Pakan ikan merupakan hal penting untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan ikan cupang. Tidak bisa sembarangan dalam meraciknya, Anda harus memperhatikan beberapa tahapannya. Berikut ini beberapa cara dalam membuat pakan ikan cupang yang benar serta mampu memenuhi nutrisinya!

  1. Menggunakan Infusoria

Mungkin beberapa dari Anda baru tahu mengenai makhluk hidup bernama infusoria ini. ini adalah sebuah organisme yang masih memiliki jenis seperti alga dan bisa ditemukan di permukaan genangan air. Cara membuatnya yakni dengan menyiapkan botol bekas berukuran 1,5 L dan potong bagian atasnya.

Isi botol tersebut dengan ¾ air. Carilah bibit infusoria di sawah, danau, atau got. Beri pakan bibit dengan tempe dan sayuran, lalu rebus serta diamkan sampai membusuk. Campurkan semua bahan, mulai dari air, bibit, pakan ke botol tadi, tutup dengan kain. Diamkan selama 3 hingga 5 hari.

  1. Kutu Air

Cara selanjutnya yakni membuat kutu air. Jenisnya dibedakan menjadi dua, yaitu Moina dan Daphnia. Keduanya termasuk ke dalam jenis udang renik dengan ukuran relatif kecil. Moina bisa ditemukan di rawa-rawa atau kayu yang sudah busuk.sedangkan Daphnia sendiri hidup di air tawar dengan suhu 21.

Langkah-langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari bibitnya saja sesuai dengan tempat tinggalnya tadi. Lalu, persiapkan tempat tidak terlalu besar, seperti baskom. Masukkan sayuran layu, air got, atau kotoran ayam. Selanjutnya, menyiapkan air endapan dan mencampur bahan tadi.

  1. Microworm

Sesuai dengan namanya, microworm adalah sebuah pakan yang terbuat dari bahan cacing berukuran kecil. Ini bisa Anda ternakan sendiri, jadi kualitas dari cacing bisa terjaga dengan baik. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah. Pertama, menyiapkan bahan makanan microworm, seperti kentang atau nasi.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang yang Ekornya Rusak

Potong kentang menjadi bagian kecil. Lalu, rebus setengah matang. Setelah dingin, letakkan potongan-potongan kentang tadi di tempat yang lembab, seperti bawah pepohonan pisang selama 1-3 hari dan lihat telur microworm.  Pindahkan ke wadah tertutup dan diamkan selama 2 hingga 4 hari dan muncul belatung kecil.

  1. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk juga bisa dijadikan sebagai pakan alami ikan cupang yang akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh ikan. Bahan makanan ini juga dapat mempercantik dan memperpanjang ekor serta sirip cupang. Pemberian pakan jenis ini dimulai ketika ikan memasuki usia 8 hari.

Pemberiannya bisa bergantian dengan bahan makanan lain seperti di atas dan berlangsung selama 4 minggu. Setelah melewati tahap itu, berilah pakan yang lebih padat agar nutrisinya dapat terpenuhi, sehingga ikan cupang dapat tumbuh sehat serta mampu bergerak lincah.

Demikianlah informasi berkaitan dengan cara merawat anakan ikan cupang umur 1 minggu. Selama perawatan, Anda harus ekstra hati-hati agar ikan bisa tumbuh sesuai keinginan. Selain itu, selalu perhatikan tingkah laku ikan. Apakah menandakan sakit atau tidak supaya dapat mengambil tindakan.

Bagikan: